fbpx
keuntungan dan kerugian kerja dari rumah wfh

Keuntungan dan Kerugian Kerja dari Rumah (WFH)

Pada bulan Maret 2020 lalu, WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi di seluruh dunia. Dimana saat ini sudah 6 juta orang terinfeksi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 ini.

Pemerintah Indonesia juga telah menginstruksikan kepada masyarakat untuk tetap di rumah melalui gaung hashtag #dirumahaja.

Namun jika anda pekerja, apakah anda harus tetap nekat pergi ke tempat kerja dan berpotensi menularkan atau justru tertular virus ini.

Untuk itu anda bisa melakukan kerja dari rumah atau istilah trendnya adalah Work From Home (WFH) dengan menerapkan sistem tatap muka online baik itu bekerja, sekolah, kuliah hingga rapat rapat penting.

WFH sendiri sangat diminati masyarakat selama pandemi COVID-19, terbukti dengan meningkatnya jumlah unduh aplikasi untuk meeting online seperti Zoom, Cisco WebEx, Google Meet dan lain lain.

Dengan WFH sendiri anda bisa mempersiapkan diri lebih matang ketimbang saat saat anda setiap hari ke kantor yang harus berjibaku dengan jalanan macet, penuh sesak di kendaraan umum, asap kendaraan yang membahayakan.

WFH adalah strategi dari pemerintah dengan dibarengi peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah yang banyak terdapat orang terinfeksi COVID-19.

Dibalik keuntungan WFH juga terdapat kerugiannya, apa sajakah keuntungan dan kerugian bekerja dari rumah (WFH)? Berikut selengkapnya

Keuntungan Kerja dari Rumah (WFH)

  1. Pekerjaan dapat dilakukan secara fleksibel
    Dengan memanfaatkan area rumah yang biasa anda tempati, pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah, seperti di ruang kamar tidur, ruang tamu, ruang makan bahkan saat di dapur. Tetapi jangan lupa perhatikan kebersihan lingkungan rumah ya sehingga bebas dari kuman atau bahkan nyamuk DBD jika kamarnya tidak rajin dibersihkan.
  2. Lebih hemat tanpa biaya bensin dan transport
    Keuntungan bekerja dari rumah berikutnya adalah anda dapat menghemat pos pengeluaran untuk bensin dan transport. Selain itu anda juga tidak perlu berpeluh dan bermacet-macet ria di tengah jalan yang akan memicu stres.
  3. Produktivitas semakin naik
    Ketika anda berada di rumah pasti anda akan merasa familiar dan nyaman kan, ditambah anda tidak perlu stres kena macet dan berkeringat. Sudah pasti hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan anda dapat menyelesaikan tumpukan pekerjaan lebih cepat lagi.
  4. Lebih aman dari gangguan di tempat kerja
    Suara gaduh, teman kerja yang doyan ngobrol, suara telpon, suara ketikan keyboard, ruangan yang panas, ini hampir tidak akan anda temukan jika anda bekerja dari rumah. Dengan WFH, anda juga dapat membuat pikiran rileks dengan segelas teh atau kopi dipandu dengan musik sesuai selera anda agar menjadi lebih produktif
BACA JUGA:  4 Hal Penting Mengapa Menjadi Freelancer

Selain keuntungan di atas, terdapat juga Kerugian yang bisa anda alami dari WFH antara lain.

Kerugian Bekerja dari Rumah (WFH)

  1. Tagihan Listrik dan Internet Membengkak
    Jika anda bekerja di kantor tentu anda tinggal duduk dan menyelesaikan pekerjaan, tetapi jika anda bekerja di rumah tentu anda harus menyalakan seluruh gadget baik itu PC/Komputer, Laptop, dan Smartphone untuk tetap berkomunikasi. Ini dapat menjadikan biaya internet dan listrik anda membengkak, ditambah lagi aplikasi meeting online itu bak streaming video di Youtube. Jika durasinya lama maka kuota internet akan cepat habis dan tagihan listrik semakin membengkak karena perangkat elektronik yang menyala hampir seharian.
  2. Komunikasi dengan teman kerja menjadi tidak lancar
    Dengan meeting melalui aplikasi online memang mempermudah komunikasi, tetapi terkadang hal teknis tidak bisa terhindari seperti transmisi yang tidak lancar karena sinyal buruk sehingga komunikasi terputus. Selain itu potensi mati listrik juga tidak terhindarkan apabila jaringan listrik rumah tidak stabil yang dapat mengganggu jalannya meeting online.
  3. Tidak semua pekerjaan dapat dilakukan WFH
    Jika pekerjaan anda berkutat di depan komputer, tentu saja WFH dapat dilakukan dengan perangkat gadget dan smartphone. Tetapi bayangkan jika anda adalah buruh pabrik, apakah anda akan membawa mesin di pabrik ke rumah? Tentu tidak kan.
BACA JUGA:  Monday Blues: ”Mitos atau Fakta?”

Meskipun WFH adalah suatu solusi dan memberikan keuntungan di tengah pandemi, tetapi tidak luput juga dari kerugian yang ditimbulkan. Tetapi sadarilah bahwa dengan WFH dan PSBB dapat mengurangi potensi anda menularkan atau tertular dari COVID-19.

Tetap jaga kesehatan, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan selalu ikuti berita terkini seputar COVID-19. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *