fbpx
tetap fit walau lembur

Langkah Tetap Fit Walau Banyak Lembur

Jadi seorang profesional, kemungkinan Anda sering habiskan banyaknya waktu di kantor, sampai harus lembur. Usaha keras memang tidak salah, tetapi lembur dapat kuras tenaga serta fisik Anda, ditambah lagi bila dikerjakan cukup seringkali.

Menurut situs healthline.com ada banyak sinyal jika Anda telah alami efek negatif dari lembur, seperti kekurangan produktivitas, kurang tidur, serta depresi.

Untuk efek yang paling akhir, ada peluang dapat tingkatkan hormon kortisol (hormone cortiso) yang bisa menyebabkan hadirnya penyakit stroke, kanker, diabetes, serta jantung koroner.

Walau seringkali kerja lembur, pasti Anda tidak mau alami efek negatif itu, kan? Membuat perlindungan kesehatan, ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan supaya masih bugar dan sehat walau seringkali lembur.

  • Teratur makan buah dan sayur

Jaga konsumsi makanan sehat adalah hal yang perlu. Tidak hanya melahap protein, yakinkan Anda masih mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan untuk jaga kesetimbangan.

Berdasar analisa Brigham Young University yang diambil dari situs initiafy.com, produktivitas pekerja yang jarang-jarang makan buah-buahan, sayuran, serta konsumsi sehat, 93 % semakin lebih rendah daripada pekerja yang lain yang teratur konsumsi sayuran serta buah-buahan.

  • Olahraga 15-30 menit
BACA JUGA:  Siap Kerja Tanpa Takut dengan Tas Siaga COVID-19

Meskipun Anda lembur hampir tiap minggu, upayakan selalu untuk olahraga sepanjang 15-30 menit sehari-harinya. Dikutip dari situs pengusaha.com, teratur olahraga akan tingkatkan kreatifitas serta produktivitas Anda.

Olahraga tersebut tidak harus habiskan waktu yang lama, seperti lari di pusat kesehatan. Periset Denmark Cecilie Thogersen-Ntoumani menjelaskan jika teratur berjalan kaki sepanjang 15-30 menit sesudah makan siang bisa tingkatkan ketertarikan, membuat santai, serta kurangi kemelut.

  • Istirahat yang cukup

Mempunyai jam tidur yang cukup ialah satu kewajiban, walau Anda kerja lembur. Menurut riset National Sleep Foundation, yang diambil dari Huffington Post, Anda yang berumur 25-60 tahun butuh tidur tujuh sampai sembilan jam. Referensi ini tidak mutlak dikerjakan, tetapi bisa jadi referensi dalam tentukan jam tidur baik Anda.

Bila Anda merasakan cukup hanya waktu yang direferensikan, berarti keadaan kesehatan Anda masih baik. Sesaat jika Anda masuk kelompok usia itu serta merasakan kurang fit, itu berarti Anda harus mulai menilai waktu serta kualitas tidur yang dikerjakan ke konsultan kesehatan.

  • Berpikir positif

Berpikir positif ikut berpartisipasi dalam kesehatan mental seorang. Saat kerja, ditambah lagi waktu lembur, Anda harus berpikir jika kerja hasil itu dapat bawa hasil positif buat kantor. Dengan berpikir positif, Anda akan membuahkan karya-karya yang produktif buat kanto

  • Minum cukup air putih
BACA JUGA:  5 Rahasia Tetap Fit, Walau Sedang Lembur

Yang paling akhir, Anda harus juga cukup minum air putih. Ini penting, karena badan akan alami kecapekan sepanjang Anda lembur. Tidak cuma hanya itu, lembur di saat malam membuat metabolisme badan kerja di luar jam normal serta membuat gampang terdehidrasi.

Minum air putih direferensikan oleh beberapa pakar kesehatan, daripada mengonsumsi minuman berwarna atau yang mempunyai rasa. Tidak hanya kurangi dehidrasi, air putih menolong tingkatkan daya, ketahanan badan, serta kembalikan konsentrasi hingga Anda bisa lebih konsentrasi kerja.

Dengan mengaplikasikan langkah di atas, mudah-mudahan Anda masih sehat walau repot kerja di kantor. Kerja memang harus, tapi Anda harus juga memperhatikan asset penting Anda, yaitu kesehatan.

Telah waktunya Anda mulai menilai skema kerja serta agenda kerja Anda bila Anda mulai kekurangan produktivitas, kurang tidur, serta alami depresi karena pekerjaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *